Jumat, 13 Februari 2009

about 236 ..

Nama Labschool yang melekat pada SMP yang bernaung di bawah Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta (dulu IKIP Jakarta) ternyata mengandung makna sejarah di dalamnya. Labschool (Laboratory School), sebuah nama sekolah yang telah hadir, berprestasi, dan mengisi lembar sejarah pendidikan di Indonesia.

Bermula dari Sekolah Teladan yang didirikan tahun 1968, sebuah sekolah yang dimaksudkan sebagai sekolah
laboratorium IKIP Jakarta. Sekolah ini digunakan untuk praktik mengajar, penelitian pendidikan, dan inovasi pendidikan.

Pada tahun 1972 misi Laboratory School telah dianggap selesai. Sebagai gantinya, sekolah ini berganti nama Proyek TPK (Tempat Pembinaan Keterampilan) atau Comprehensive School. Sekolah ini mengemban tugas sebagai Proyek TPK) dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Proyek TPK bertujuan untuk mencobakan ide-ide baru dalam bidang pendidikan.

Comprehensive School atau Proyek TPK ternyata tak berlangsung lama. Pada tahun 1974, sekolah telah memiliki nama dan fungsi yang baru. Di tahun tersebut, sekolah ini dikenal sebagai sekolah PPSP ( Proyek Perintis Sekolah Pembangunan). Proyek ini bertujuan untuk menguji coba ide-ide dalam pendidikan guna memberi masukan bagi pembaharuan pendidikan nasional.

Sekolah PPSP berlangsung selama dua belas tahun. Tahun 1986 proyek ini berakhir. Dengan berakhirnya proyek tersebut, maka berganti pula nama sekolah-sekolah yang dibawah naungan IKIP Jakarta ini. SMP eks PPSP IKIP Jakarta berganti nama menjadi SMP Negeri 236.

Pada tahun 1992, SMP Negeri 236 berpindah lokasi ke jalan Penggilingan Komplek PIK Cakung. Atas permintaan masyarakat, mulai tahun Pelajaran 1992/1993 Yayasan Pembina IKIP Jakarta membuka SMP IKIP Jakarta dengan SK Kanwil P dan K DKI No. Kep. 854 P/I01.a1/1/93 dan No. Kep 853 A/I01.a1/1/93 masing-masing tertanggal 15 Maret 1993.Berikutnya, seiring perluasan mandat dan bergantinya nama IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta, SMP IKIP Jakarta tahun 1999 berganti nama menjadi SMP Labschool.

Dari paparan kronologis perjalanan sekolah-sekolah yang semula berlokasi di komplek Universitas Negeri Jakarta di atas, menunjukkan bahwa SMP Labschool Jakarta bukanlah sekolah yang sama sekali baru, melainkan kelanjutan dari sekolah-sekolah yang telah mempunyai akar tradisi selama lebih dari 34 tahun dengan reputasi yang baik dan membanggakan (read less)

Tidak ada komentar: